ads 720x90

LATEST ARTICLES


Kipas angin AC merupakan salah satu perangkat pendingin ruangan yang bisa Anda miliki saat ini. Dengan banyaknya kelebihan yang dimiliki, kipas angin AC memang sangat tepat untuk digunakan keluarga di rumah. Tapi untuk menggunakan kipas angin AC ini ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Nah berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk menggunakan kipas angin AC yang baik dan benar.

1. Tempatkan Pada Ruangan yang Punya Ventilasi Serta Sirkulasi Udara Baik
Tips pertama menggunakan kipas angin AC adalah menempatkannya pada ruangan yang memiliki ventilasi dan sirkulasi udara yang baik. Kipas angin AC yang menghasilkan dan menghembuskan udara yang bersifat basah dan lembab memang membuat Anda tak bisa sembarangan menempatkan perangkat ini. Sebab bila kipas angin AC ini ditempatkan di ruang yang sirkulasi udaranya buruk maka hal ini akan menyebabkan munculnya penyebab penyakit seperti bakteri, virus, jamur dan parasit. 

Hal ini terjadi karena udara lembab dan basah yang dihembuskan kipas angin AC memang bisa memicu beberapa penyebab penyakit tersebut bila terus-terusan digunakan atau dinyalakan dalam waktu lama. Maka dari itu Anda yang tidak ingin penyebab penyakit tersebut muncul, Anda harus bisa menempatkan dan menyelakan kipas angin AC di tempat yang tepat yakni di ruangan dengan sirkulasi udara yang baik. 

2. Jangan Menyalakan Sistem Penyejuk Pada Kipas Angin AC Menyala Tanpa Air
Berikutnya, tips menggunakan kipas angin AC yang baik dan benar adalah tidak menyalakan sistem penyejuk pada kipas angin AC tanpa adanya air pada tangki. Keberadaan air dingin pada tangki memang begitu krusial. Sebab dari adanya air dingin inilah maka kipas angin AC dapat bekerja dengan optimal menyejukkan ruangan. Tapi bila air dingin pada tangki ini kosong maka hal ini membuat kinerjanya tidak maksimal untuk menyejukkan ruangan. 

Tidak hanya itu, ketika air dingin pada kipas angin AC kosong maka dan kemudian sistem penyejuk pada kipas angin AC dinyalakan, hal ini akan membuat perangkat lama-lama jadi rusak. Kerusakan yang terjadi pada bagian pompa air kipas angin AC ini dikarenakan panas yang muncul. Jadi bila Anda mendapati air dingin pada tangki kosong, maka disarankan Anda tidak menyalakan sistem penyejuk jika tidak ingin kipas angin AC rusak. Jadi nyalakan saja kipas angin AC dengan sistem kipas angin saja bila Anda malas mengisi air dingin.
Kipas Angin AC
3. Gunakan Air bersih dan Hindari Memberi Wewangian Pada Air
Untuk menghasilkan udara bersih dan bebas kuman maka Anda diharuskan air dingin yang bersih guna mengisi tangki. Tidak hanya akan membuat udara bersih dan bebas kuman, tapi dengan menggunakan air bersih maka perangkat kipas angin AC Anda akan terbebas dari kotor yang menyebabkan kerusakan pada pompa air bila dibiarkan terlalu lama. 

Nah bila pompa air kipas angin AC ini sudah rusak maka hal tersebut akan membuat Anda harus mengganti dan membelinya dengan yang baru. Selain harus menggunakan air dingin yang bersih, untuk membuat kipas angin tetap awet, Anda dilarang menuangkan wewangian pada air di dalam tangki. Sama dengan penggunaan air kotor, penggunaan wewangian pada air dalam tangki akan bisa menimbulkan efek buruk pada kipas angin AC. 

4. Jangan Sampai Terkena Hujan Kecuali Tertulis Weather Resistant
Terakhir, tips menggunakan kipas angin AC adalah mengindarkannya pada air. Pada beberapa jenis kipas angin AC yang bertipe indoor, memang tidak diperkenankan terkena air. Sebab bila kipas angin AC yang tergolong perangkat elektronik ini terkena air maka akan memicu kerusakan pada PCB (panel tombol). Jika hal ini terjadi biasanya akan berlanjut pada kerusakan listrik dan kemudian terjadi korsleting listrik. Jika sudah terjadi korsleting listrik maka kipas angin AC tidak akan bisa lagi digunakan. Nah kalau Anda memang ingin kipas angin AC yang tahan air pastikan Anda membeli yang bertipe outdoor atau Weather Resistant yang memang dirancang untuk tahan pada air termasuk saat hujan turun.

ads 720x90
bm

Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit, sed quia consequuntur magni dolores eos qui ratione voluptatem sequi nesciunt.

Posting Komentar