ads 720x90

LATEST ARTICLES



Akuntansi UKM adalah suatu pembukuan keuangan yang lumayan sederhana yang mana sistem pembukuan keuangan ini dapat digunakan untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM), maupun pengelolaan keuangan perorangan sehari-hari. Kegunaannya adalah untuk mengelola arus keuangan dalam suatu perusahaan maupun milik perorangan, sehingga dalam suatu perusahaan maupun bagi perseorangan, pencatatan sistem keuangan dapat terkelola dengan baik.

Keuntungan Memiliki Akuntansi UKM bagi pemilik usaha
Akuntansi UKM masih dianggap sebagai sesuatu yang tidak penting. Apalagi bagi pemilik usaha yang masih skala kecil hingga menengah. Pembukuan arus keuangan masih dianggap sebagai suatu hal yang justru merepotkan. Padahal, banyak keuntungan yang dapat anda dapatkan ketika membukukan keuangan anda dengan baik. Berikut keuntungannya:

1. Mengetahui Kondisi Keuangan Usaha
Banyak pengusaha UKM yang tidakmenyadari bahwa seringkali terdapat biaya pengeluaran tak terduga yang dapat menggerus omset. Itulah sebabnya, mengetahui kondisi usaha yang sedang dijalankan tidak sama dengan sekedar menghitung omset harian. Sehingga, akuntansi UKM ini penting untuk mengetahui biaya tak terduga yang dikeluarkan oleh usaha yang dimiliki. 

2. Membantu Mendapatkan Kredit Pinjaman
Tidak banyak usaha UKM yang dapat mengajukan pinjaman di bank dengan mudah. Salah satu yang melatarbelakanginya adalah tidak adanya laporan keuangan akurat yang dimiliki oleh usaha UKM. Laporan keuangan yang akurat ini penting bagi bank untuk menilai apakah UKM tersebut mampu mengembalikan pinjamannya di kemudian hari. Laporan keuangan ini juga sebagai bukti bahwa usaha UKM yang dijalankan berjalan dengan baik dan sehat.

3. Menghindari Penipuan
Mempekerjakan karyawan tentu mendatangkan resiko, sebab anda sebagai pemilik usaha tentu tidak bisa mempercayakan 100 persen usaha anda pada karyawan yang anda miliki. Salah satu cara yang bisa anda gunakan sebagai monitoring adalah dengan menyusun laporan keuangan dengan baik, sehingga ketika ada kecurangan yang dilakukan dalam hal keuangan, anda dapat mendeteksinya dengan mudah, karena telah tertulis dengan jelas soal pengeluaran dan pemasukan arus keuangan anda.

4. Memantau Utang-Piutang
Selain untuk menghindari penipuan yang dilakukan oleh karyawan, memiliki laporan keuangan dengan baik juga dapat mempermudah pemilik usaha untuk memantau jumlah utang piutang, baik milik usaha maupun milik customer, sehingga tidak sulit untuk membuat perencanaan pembayaran hutang pada kerditur maupun menagih hutang milik customer.

Akuntansi UKM memiliki keuntungan yang krusial dalam menjalankan sebuah usaha. Tanpa adanya catatan keuangan, usaha yang anda bangun akan rentan pada kebangkrutan. Bahkan meskipun usaha anda masih berupa warung kecil di pinggir jalan. Untuk dapat berkembang menjadi warung yang lebih besar, anda perlu merencanakannya dengan baik mulai dari sekarang. Untuk mencatat keuangan anda, anda dapat menggunakan BukuKas, yaitu aplikasi keuangan canggih yang memiliki fitur lengkap dan sangat mudah digunakan. 

ads 720x90
bm

Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit, sed quia consequuntur magni dolores eos qui ratione voluptatem sequi nesciunt.

Posting Komentar