ads 720x90

LATEST ARTICLES

Mulut memang sering kali digunakan untuk mengonsumsi makanan setiap hari dengan beragam jenis dan rasa. Hal tersebut sering kali menimbulkan beragam masalah pada kesehatan mulut seperti mulut terasa pahit. Mulut memiliki sekitar 10 ribu tunas pengecap yang bisa tersebar di lidah, langit mulut maupun kerongkongan. Masing-masing dari tunas pengecap memiliki reseptor sel sensorik yang bisa digunakan untuk menangkan rasa manis, asin, asam dan pahit. Maka dari itu jika terjadi masalah pada kesehatan mulut bisa mengakibatkan beberapa kondisi kesehatan mulut.

Banyak sekali kondisi yang bisa terjadi pada mulut, tentunya hal itu bisa disebabkan oleh berbagai faktor yang dapat membuat mulut mengalami masalah. Mulut yang terasa pahit bisa mengakibatkan berbagai akibat seperti nafsu makan yang menurun sehingga bisa mempengaruhi asupan nutrisi dalam tubuh. Selain itu ketika anda tidak bisa merasakan rasa pada makanan yang dikonsumsi artinya anda mengalami dysgeusia yang mana bisa mengakibatkan mulut menjadi rasa pahit. Akan tetapi hal ini biasanya hanya bersifat sementara dan bisa membaik dengan cepat ketika mengetahui penyebabnya.


Penyebab Dari Mulut Terasa Pahit

Banyak orang yang mengalami masalah kesehatan mulut seperti mulut yang terasa lebih pahit sehingga tidak bisa merasakan rasa yang lainnya. Alhasil bisa membuat seseorang merasa nafsu makanya menurun dan kehilangan nutrisi pada tubuhnya. Penting sekali untuk mengetahui apa saja yang bisa menyebabkan masalah mulut menjadi pahit.

Untuk mengetahuinya anda perlu untuk tahu apa saja faktor penyebabnya, berikut adalah beberapa faktor penyebab dari mulut yang terasa pahit.

  1. Mulut yang kering, kurangnya produksi air liur juga bisa menyebabkan mulut menjadi rasa pahit. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti obat, merokok, penuaan dan lain-lain.
  2. Penyakit asam lambung, bagi anda yang mengalami masalah penyakit asam lambung tentunya sering mengalami hal ini yang mana naiknya makan dan asam lambung ke kerongkongan setelah makan.
  3. Kehamilan, ketika anda sedang hamil banyak yang mengalami mulut menjadi pahit atau berasa logam yang bisa disebabkan karena fluktuasi hormonal kehamilan yang nantinya akan hilang dengan sendirinya.
  4. Konsumsi obat-obatan, seseorang yang sedang mengonsumsi obat-obatan bisa menimbulkan rasa pahit pada mulutnya.
  5. Sakit, ketika anda sedang sakit tubuh secara alami akan melepaskan protein yang mampu untuk meredakan peradangan. Hal tersebut mampu mempengaruhi indra perasa sehingga menyebabkan mulut terasa pahit.

Cara Untuk Mengatasi Mulut Terasa Pahit

Nah, ketika anda sudah mengetahui apa saja yang bisa menyebabkan mulut terasa pahit. Alangkah baiknya jika segera untuk mengatasinya agar bisa kembali normal dan meningkatkan nafsu makan anda. Banyak cara yang bisa anda lakukan sendiri untuk segera mengobatinya. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi mulut yang pahit.

  1. Anda bisa melakukan dengan berkumur menggunakan larutan garam dan baking soda secara teratur hingga rasa pahitnya menghilang.
  2. Anda juga bisa mengonsumsi lebih banyak cairan atau air dan juga permen karet yang bebas gula untuk dapat meningkatkan produksi air liur dalam mulut.
  3. Anda bisa menambahkan perasa asam seperti buah lemon, cuka, jeruk nipis maupun lainnya bila dalam kondisi sedang hamil.
  4. Anda perlu untuk menghindari konsumsi makanan yang berlemak dan pedas karena dapat meningkatkan asam lambung dan bisa menyebabkan mulut menjadi pahit.
  5. Selain itu juga bisa rutin menyikat gigi dan menggunakan obat kumur untuk menghindari mulut yang terasa pahit. 


ads 720x90
bm

Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit, sed quia consequuntur magni dolores eos qui ratione voluptatem sequi nesciunt.

Posting Komentar